Dummy Text

Featured

Selasa, 12 Juli 2011

Penguatan USD Membebani Harga Komoditi

EMAS (GOLD)

Harga emas menyusut hari ini, Selasa (12/7) di tengah situasi ekonomi global yang tidak menentu. Penguatan kurs dollar membatasi minat investor terhadap aset logam mulia. EUR/USD menjauhi dari level psikologis 1.40 di hari Senin akibat  kekhawatiran baru atas kemungkinan dari standar utang Italia.


MF Global merekomendasikan 'beli' emas pada harga $1,522 dengan target kenaikan $1,550 per ons. Lembaga investasi ini tidak melihat akan ada pergerakan dramatis pada aset emas hari ini.

Secara tekhnikal, meskipun terjadi penurunan Emas di awal sesi, namun stokastik dan RSI menunjukkan trend bulish yang tampaknya masih utuh. Kemungkinan harga tidak bergerak tajam untuk sesi hari ini. Sebagai saran, gunakan level 1557 dan 1541 sebagai resisten dan support pertama.

MINYAK MENTAH DUNIA (CRUDE OIL NYMEX)

Kekhawatiran penyebaran krisis hutang zona Eropa dan menurunnya import minyak China yang mengindikasikan pelambatan permintaan telah menyebabkan anjloknya kontrak minyak mentah berjangka lebih dari $1/barel di hari Senin (11/7). China sebagai konsumen minyak terbesar kedua, hari Sabtu melaporkan tingkat inflasinya melaju kian cepat pada Juni menjadi 6,4 %, tertingginya dalam tiga tahun.

Euro melemah dalam beberapa pekan terakhir. Efek domino pada penguatan dollar AS berbanding mata uang lainnya, menyebabkan komoditas seperti minyak menjadi semakin mahal. "Dolar mungkin bersiap-siap untuk rally selama periode berlanjut," ujar Cameron Hanover dalam sebuah pernyataan. "Pertanyaan besar adalah apakah pasar minyak akan mengikuti Euro, seperti yang telah dilakukan untuk sebagian dari empat tahun terakhir atau lebih."

Para pelaku pasar masih menunggu laporan estimasi bulanan OPEC pada hari Selasa ini. Menurut menteri keuangan Iran pada hari Sabtu, OPEC masih menentang kenaikan output produksi minyak, apalagi menurunnya permintaan dari Asia, akan meredakan desakan kenaikan produksi minyak dari negara-negara OPEC.

Secara tekhnikal, minyak mentah dimungkinkan masih dalam downtrend hari ini selama pergerakan ada dibawah 96.00 dengan support kuat di level 89.59.

0 komentar:

Posting Komentar