Dummy Text

Featured

Rabu, 13 Juli 2011

Emas Kembali Berkilau dan Harga Minyak Mentah Bervariasi Menanti Data Minyak AS

EMAS (GOLD)

Investasi logam mulia cemerlang didongkrak rebound Euro terhadap Dollar AS. Setelah diperdagangkan pada level 1.3975 kemarin, EUR/USD kini bangkit ke 1.3998. Pelemahan USD memicu aksi beli karena investor merasa harga emas murah dan ideal untuk saat ini. Selain lemahnya Dollar, masih ada faktor lain yang menjadi pemicu utama naiknya harga emas, yakni semakin khawatirnya investor bahwa krisis utang bisa menyebar ke Italia.

Kondisi ekonomi yang tidak menentu sedikit banyak mengalihkan selera investasi pasar ke logam mulia. "Sekarang orang-orang beralih ke aset berwujud," kata Adam Klopfenstein, strategi pasar senior Lind Waldock di Chicago. Alhasil, kontrak aset safe haven ini berhasil kembali berhasil menembus level tertinggi harian, $1,569.39/troy ounce. Kenaikan tampaknya masih akan terus berlanjut, fibonacci retracement dari pergerakan harga kemarin mengarahkan 1593.27 sebagai target berikutnya.


MINYAK MENTAH DUNIA (CRUDE OIL NYMEX)

Harga minyak mentah berjangka bervariasi di Asia pada perdagangan Rabu (13/7) setelah data ekonomi China menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik daripada perkiraan. Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pun memproyeksikan bahwa permintaan minyak dunia akan mencapai rata-rata 88,1 juta barel per hari, naik 1,4 juta dari tahun lalu. Konsumsi minyak mentah global akan mencapai rata-rata 89,5 juta barel per hari di 2012, demikian menurut laporan bulanan yang dirilis oleh sekretariat OPEC kemarin (12/7). Perkiraan ini naik 1,5% dari proyeksi tahun 2011.

Pelemahan Dollar AS turut berperan atas kenaikan harga emas hitam ini. Namun, para investor tetap berhati-hati menjelang rilis data mingguan persediaan minyak AS (crude oil inventories). American Petroleum Institute (API) mengatakan, cadangan minyak mentah berkurang 2,3 juta barel untuk pekan yang berakhir 8 Juli.

Secara teknis, trend bearish intraday tidak dikonfirmasi setelah reisten 96.00 dilanggar pada sesi perdagangan sebelumnya. Untuk hari ini harga mungkin akan volatille dengan support utama 93.00. Akan tetapi bullish bisa saja terjadi selama pergerakan tetap diatas area 96.00.

0 komentar:

Posting Komentar